Perjalanan Terbaik untuk 2011

Makanan di Chengdu semakin pedas, pegunungan Himalaya makin mudah diakses dan Irlandia makin hijau saja. Ikuti petualangan paling seru kami untuk tahun ini.

Tujuan perjalanan memang semakin mirip seperti mode busana — ada yang jadi tren tahun ini kemudian tidak populer lagi tahun depan — namun ada beberapa tujuan di peta yang menarik dikunjungi pada 2011.

Inilah tahun yang paling tepat buat Anda untuk menunggang unta, menikmati perjalanan bawah tanah di Palu yang memukau jiwa dan — tentu saja, Anda bisa — menaklukkan Pegunungan Himalaya.

Inilah perencanaan untuk perjalanan terbaik tahun ini.

Perjalanan petualangan terbaik: Pos pendakian Everest

Trekking pada ketinggian ekstrem di Nepal dulunya hanya tersedia bagi beberapa pemberani saja. Namun baru-baru ini, tipe perjalanan seperti ini menjadi semakin mudah dilakukan. Pada April 2011, pembawa acara teleivisi “Word Travels” dan penulis perjalanan Robin Esrock akan memimpin trek menuju pos pendakian Everest bersama dengan World Expeditions.

Perjalanan ini akan berawal dari Lembah Kathmandu dan berlanjut menuju pedesaan Sherpa sampai Biara Tengboche. Di sana, para pendaki akan terkesima dengan panorama puncak-puncak Himalaya: Tawache, Everest, Nuptse, Lhotse, dan Ama Dablam.

Para pendaki akan melewati bagian Gletser Khumbu yang menantang, diikuti tanjakan ke Kala Pattar (5550 meter), sebelum berhenti di pos pendakian Everest (Everest Base Camp).

“Di Nepal, aklimatisasi sangatlah penting, sama halnya dengan berolahraga beberapa bulan sebelum pendakian untuk memastikan agar badan ini tahan dengan perjalanan ini,” Esrock mengingatkan.

Ekspedisi perjalanan ke pos pendakian Everest akan berlangsung sampai 24 April, 2011 dan berawal dari Kathmandu.

Harga $2768 per orang, termasuk makanan, paket trek, porter dan akomodasi.

Perjalanan terbaik buat penyuka makan: Chengdu, Sichuan

Pada Agustus 2010, Ibu Kota Sichuan, Chengdu, sudah ditetapkan sebagai Kota Gastronomi UNESCO.

Pada bulan yang sama, di Twitter, pembawa acara TV asal Amerika Andrew Zimmern tidak bisa menahan kegembiraannya akan tempat makan yang sedang berkembang. Dia mengupload foto pangsit rebusan yang bisa salah dikira orang sebagai ubur-ubur raksasa. Pasar daging di Chengdu juga penuh dengan berbagai jenis daging babi kering, termasuk kulit muka babi.

Bagi mereka yang lebih konservatif, perhentian pertama yang lebih mudah dalam safari makanan di Chengdu adalah restoran hotpot Chuan Chuan Xiang yang sangat ramai. Di sini, sayur dan daging akan dimasak bersama. (Chuan Chuan Xiang, Double Bridge Road 45, Chengdu, tel: +028 8433 6879)

Salah satu tempat favorit Chengdu lainnya adalah mi buatan tangan Nenek Jin (Xiaojiahe Street, Chengdu, tel: +028 8518 6457), di sini adonan mi akan ditarik seperti seprai lebar dan kenyal. Pesanan yang paling populer adalah mi dengan daging sapi rebus kuah merah pedas.

Terletak dekat Kuil Wen Shu, hotel BuddhaZen yang kecil dan intim ini mendapat rating tinggi di TripAdvisor dan berbagai forum web lainnya. Ruangannya yang luas bertarif $64-$76 (BuddhaZen hotel, Wenshufang Street B6-6, Distrik Qingyang, Chengdu, tel: +86 28 8692 9898)

Perjalanan darat terbaik: Irlandia searah jarum jam

Jalan raya yang tak berujung di Amerika Utara atau Australia memang mengundang, tapi pada tahun 2011, Kepulauan Emerald tampak lebih mistis (dan murah) untuk perjalanan darat yang panjang.

Herbie Brennan yang asli Irlandia adalah penulis lebih dari 100 buku-buku laris, yang kebanyakan bertema eksplorasi mistis.

Untuk perjalanan pendek, Brennan merekomendasikan berkendara sejauh 32 kilometer barat laut dari Dublin ke Newgrange.

“Mungkin ini adalah situs megalitikum paling spektakuler di dunia, mengalahkan Stonehenge di Inggris,” kata dia.

Yang lebih memuaskan adalah perjalanan sepuluh hari sepanjang 1320 kilometer dari Irlandia, searah jarum jam, berawal dari Dublin.

Perhentian pertama adalah Kilkenny, sebuah desa abad pertengahan yang masih terpelihara, diikuti dengan Blarney Stone.

Rute ini juga termasuk benteng tua berusia 4000 tahun, Tebing Moher yang megah dan Connemara yang masih “liar”, lalu berputar ke Belfast. Di sepanjang jalan, Anda bisa melihat padang rumput dan ilalang, kota-kota kecil yang cantik, musik Irlandia, bar-bar pedesaan yang menawan, serta warna hijau.

Para turis bisa menyewa kendaraan dari Argus Car Rentals di Dublin dengan harga mulai dari $10 per hari (lihat kan apa yang kami maksud dengan murah?). Go Ireland juga mendaftar tarif-tarif khusus untuk hotel-hotel di seluruh negara.

Bagaimana memaksimalkan perjalanan ini?

“Kunjungi pub-pub di desa dan berbincanglah dengan penduduk lokal,” kata Brennan. “Atau, dengarkan saja. Dengan orang-orang Irlandia, Anda akan sulit menyela pembicaraan mereka.”

Atau Irlandia jauh dari jangkauan? Asia juga penuh dengan jalan-jalan raya buat Anda yang ingin menikmati perjalanan darat nan panjang. Lihat di sini.

 

Comments are closed.