TKW YANG HARUS DITEBUS RP 4,7 MILIARPenggalangan Dana bagi Darsem Segera Dilakukan

SUBANG, (PRLM).- Penderitaan yang dialami Darsem binti Dawud telah memunculkan simpati dari berbagai kalangan masyarakat Subang. Mereka bahkan siap menggalang dana guna mengeluarkan Darsem dari penjara di Saudi Arabia sekaligus memulangkannya ke Indonesia.”Dalam waktu dekat, kami akan menggalang dana untuk menutup kekurangan uang tebusan bagi Darsem,” ujar Bupati Subang Eep Hidayat, saat dihubungi, Selasa (1/3) petang.

Menurut dia, penggalangan dana akan dimulai dari para PNS di lingkungan Pemkab dan para abdi negara lainnya. Setelah itu, para pejabat akan digerakkan untuk menggalang dana dari masyarakat yang kasihan terhadap TKW asal Desa Patimban, Kec. Pusakanagara itu.

Namun demikian Eep merasa yakin uang yang terkumpul dari warga Subang tidak akan mencukupi. Oleh karena itu, Eep berharap, pemerintah pusat terus mengupayakan penyediaan dana bagi Darsem.

Selain itu, dirinya dengan rendah hati meminta kepada segenap warga Negara Indonesia, khusunya Jawa Barat untuk menyisihkan sedikit rezeki untuk Darsem. “Ya, semacam pengumpulan koin lah,” kata Eep.

Keinginan untuk menolong Darsem datang pula dari kalangan PNS setempat. Mereka mengaku siap mengeluarkan dana dan mengumpulkannya untuk TKW nahas tersebut.

“Sebagi sesama wanita saya siap melakukan penggalangan dana. Apalagi Darsem dipenjara karena mempertahankan kehormatannya,” ujar Fitri, salah sorang staf yang bertugas di Bagian Sosial, Setda Subang.

Seperti diberitakan, Darsem awalnya teracam hukuman pancung karena dituduh telah membunuh majikannya di Riyadh, Saudi Arabia. Namun hukuman baginya diperingan dengan pembayaran denda sebesar 2 juta Riyal Arab Saudi atau sekira Rp 4,7 miliar.

Saat ini ada donator asal Arab yang bersedia menyiapkan dana 1 juta Riyal. Dana tersebut, tentu saja belum cukup untuk membebaskan Darsem dari balik jeruji besi.

Comments are closed.